Ayo gapai IPDN 2024

Gambar
Selamat malam teman-teman semua Sumber Gambar: https://www.instagram.com/praja_ipdn_/ Setelah beberapa momen admin libur dari dunia "berbagi informasi" melalui Blog, kini saatnya admin  aktif kembali. Jadi buat teman-teman yang mau menanyakan sesuatu hal atau meminta informasi lebih detail seputar IPDN, boleh langsung ajukan dalam komentar. Admin akan dengan semaksimal dan sedetail mungkin menjawab pertanyaan dari teman-teman semua. Admin hadir untuk membantu teman-teman yang berjuang menggapai IPDN, sekolah Impian Putra-Putri terbaik Bangsa. Dan tentunya Admin sangat berharap untuk teman-teman yang mengajukan pertanyaan, dapat mencantumkan nama asli... see you there Guys 

PAKAIAN DINAS IPDN


PAKAIAN DINAS IPDN




Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa IPDN adalah salah satu sekolah kedinasan dengan pakaian dinas terbanyak dan beragam. Pakaian dinas yang diberikanpun adalah pakaian dinas yang semuanya dari lembaga artinya diberikan secara gratis oleh IPDN. Terkecuali untuk para praja yang ingin jumlah pakaian dinas lebih dari yang lain dengan syarat harus sesuai dengan ketentuan lembaga.
Pakaian dinas IPDN terbagi atas Pakaian Dinas Harian (PDH),  Pakaian Dinas Lapangan (PDL), Pakaian Dinas Upacara (PDU) serta Pakaian Dinas Lapangan (PDL) serta pakaian dinas lainnya yang bersifat tambahan. Artinya ada beberapa pakaian dinas yang hanya dipakai oleh praja-praja tertentu karna bergabung dalam suatu kegiatan. Apa saja itu, segera kita akan bahas bersama.

1. Pakaian Dinas Harian


Melihat dari filosofi kata saja kita sudah dapat menjabarkan bahwa pakaian dinas harian adalah pakaian dinas sehari-hari dalam melakukan seluruh kegiatan wajib praja. Pakaian Dinas Harian praja IPDN memiliki warna coklat dilengkapi dengan atribut atribut tertentu. Terkhusus di IPDN bahwa, Pakaian Dinas harian dipakai pada hari Senin, selasa, rabu, jumat, sabtu dan minggu. Namun hal ini tidak berlaku bagi Praja yang TBO atau Praja yang sedang dalam hukuman karena mereka akan menggunakan PDL setiap harinya. PDH juga tidak pada saat jam pesiar karena praja akan menggunakan PDP.

2. Pakaian Dinas Lapangan




Pakaian Dinas Lapangan bagi satuan praja adalah pakaian dinas yang digunakan pada saat melaksanakan apel manggala atau apel provinsi. Pakaian dinas lapangan adalah pakaian dinas dengan lengan panjang yang dilinting pada saat pagi hingga sore hari. Sedangkan mulai jam 6 sore hingga malam hari pemakaian tanpa melinting atau melipat lengan baju.
 Selain lengan, perbedaan antar PDh dan PDL adalah pada penutup kepala, jika PDH menggunakan muds, PDL menggunakan baret. Kemudian pada sepatu, ikat pinggang dan tali kur.

3. Pakaian Dinas Upacara


Sebelumnya abang mau Tanya dulu nih, siapa yang kurang suka mengikuti upacara? Pasti ada kan ? admin harap jangan dibiasain ya !
Seperti kita tahu bersama, bahwa upacara (Wikipedia) ialah aktivitas yang dilakukan di waktu-waktu tertentu. Upacara dapat dilakukan untuk memperingati sebuah kejadian maupun penyambutan.  Di IPDN sendiri, upacara dilaksanakan setiap hari senin dan hari-hari besar lainnya. Namun jangan salah PDU tidak digunakan setiap ada upacara. Penggunaan PDU sendiri hanya digunakan pada perayaan hari besar dan bersejarah di NKRI maupun lingkup IPDN. Contohya peringatan pembacaan teks proklamasi atau hari kesaktian Pancasila. Sedangkan untuk lingkup IPDN contohnya adalah Yudisium atau Upacara kenaikan tingkat atau pangkat bagi satuan praja.  Sebelum admin lupa, PDU adalah pakaian dinas paling sacral yang digunakan oleh praja. Pakaian dinas ini berwarna putih bersih dan dilengkapi dengan penutup kepala peci maupun pet menyesuaikan dengan kegiatan upcara yang sedang dilaksanakan.

4. Pakaian Dinas Pesiar / Pakaian Dinas Pesiar Malam


Pakaian Dinas Pesiar atau yang disingkat dengan PDP adalah pakaian dinas dengan atribut tambahan dasi yang tentunya menambah keindahan penampilan praja. Pakaian Dinas Pesiar digunakan pada hari rabu, sabtu dan minggu ketika praja sedang melaksanakan pesiar. Eh, sebelumnya sudah pada tahu kan apa itu pesiar?
Pesiar adalah kegiatan dinas yang diberikan kepada praja yang tidak melakukan pelanggaran diperbolehkan keluar dari ksatrian pada beberapa jam tertentu. Pesiar tentunya menjadi sarana praja untuk lebih mengenal lingkungan luar kampus, bertemu sanak saudara, jalan-jalan maupun belajar diluar kampus.
Pakian Dinas Pesiar berwarna coklat gelap dengan lengan panjang dan dilengkapi dengan dasi. Penutup kepala yang digunakan pada saat menggunakan PDP adalah pet.

sedangkan untuk PDPM sendiri hanya dipakai dalamm suatu seremoni tertentu maupun pesiar pada malam hari. PDPM dilengkapi dengan jas PDPM dan dalaman berwarna putih. 


PAKAIAN DINAS LAIN LAIN



Sebelumnya admin ulangi ya, bahwa penggunaan kata “lain-lain” dalam artikel ini berarti pakaian dinas yang akan admin sebutkan dibawah bukan pakaian dinas yang dimiliki oleh seluruh satuan praja. Jadi di IPDN ada beberapa pakaian dinas yang diberikan kepada praja-praja tertentu karna tergabung dalam suatu unit atau instansi tertentu. Apa saja mereka? Mari kita bahas bersama.

1. Pakaian Dinas Olahraga



Istilah Pakaian Dinas Olahraga ini muncul pada tahun 2018, yakni ketika angkatan 28 menjadi muda praja. Pakaian dinas Olahraga ini digunakan pada hari sabtu, ketika seluruh satuan praja melaksanakan aerobic atau olahraga pagi bersama dengan pimpinan ( Kepala Bagian Pengasuhan ) dan pengasuh. Perbedaan antara PDO dengan training adalah pada waktu penggunaan. Apabila PDO dipakai pada hari sabtu pagi, maka training praja digunakan jam dinas pada kegiatan-kegiatan mandiri maupun terorganisir oleh lembaga.

2. Pakaian Dinas unit kegiatan tertentu

Pakaian dinas ini adalah pakaian dinas yang hanya boleh digunakan oleh satuan praja yang sudah diporbolehkan mengikuti suatu unit kegiatan tertentu. Pakaian dinas ini digunakan tanpa penggunaan deg ( tanda pangkat ) serta dapat dilengkapi dengan atribut-atribut Praja yang akan menambah keindahan penggunaan pakaian dinas ini.

a. Pakaian dinas GAP



GAP atau Gita Abdi Praja adalah sebutan bagi satuan Drum Corps IPDN. Gap menjadi salah satu kebanggan IPDN karna eksistensi Drum Corps sudah melanglang buana keseluruh nusantara.
Personil GAP terdiri dari ratusan satuan praja yang terbagi kedalam beberapa suh alat yang bersatu padu menunjukkan kebolehnya dengan alunan music dan atraksi yang indah. GAP Praja terdiri dari 3 kegiatan utama yakni Korsik, defile dan Display. Tau nggak dimana bedanya? Yang mau tau jangan lupa kunjungi post terbaru admin diinstagram @praja_ipdn_ atau langsung saja klik link dibawah.
GAP sendiri memiliki pakaian dinas tersendiri yang biasa disebut PDU GAP. Dimana pakaian dinas ini berbeda untuk setiap alat. Baik warna mapung aksesoris tambahan yang digunakan. Untuk setiap anggota GAP pun diberikan satu pin kebanggaan GAP yang hanya bias digunakan oleh anggota GAP.

b. Pakaian Dinas Pasti ( Pasukan Inti )



 

Pasukan inti adalah pasukan kebanggaan IPDN yang aktif dalam prosesi pernikan, pemakaman dan upacara besar. Pasukan inti terdiri dari puluhan Praja yang terpilih dan telah lolos seleksi tertentu. Pasukan ini menjadi pasukan yang mengiringi prosesi pernikahan purna praja, pemakaman purna praja atau pejabat daerah serta petugas pada saat upacara besar.
Seperti halnya GAP, Pasukan Inti juga memiliki pin tersendiri yang hanya bisa digunakan oleh anggota dari pasukan inti.  Berbentuk segitiga dengan warna merah putih yang melambanggakan kecintaan Praja akan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

c. Pakaian dinas PATAKA ( Pasukan Tanda Kehormatan)




PATAKA ( Pasukan Tanda Kehormatan ) adalah pasukan khusus praja IPDN dan satu-satunya satuan praja yang berhak memegang dan membawa bendera kehormatan IPDN. PATAKA sendiri hanya akan digunakan pada saat upacara kebesaran IPDN yakni pengukuhan muda praja dan pelantikan purna praja. Anggota pasukan ini adalah orang-orang terpilih yang hanya berjumlah 9 orang yang memiliki postur tubuh tinggi berisi dan tegap. Sehingga tidak salah apabila PATAKA dianggap sebagai pasukan yang paling disegani di IPDN.


d. Pakaian Dinas GPW ( Gita Puja Wyata )


Gita Puja Wyata atau yang disingkat GPW adalah sebutan untuk satuan Praja yang tergabung dalam paduan suara IPDN. GPW sendiri menjadi paduan suara andalan IPDN yang mewakili IPDN dalam kegiatan besar tertentu dalam lingkup nasional maupun kementerian. Jadi tidak perlu heran apabila kita sering berjumpa dengan GPW di Istana Negara maupun Kemendagri dalam suatu kegiatan tertentu. Untuk pakaian dinas GPW sendiri adalah PDU ditambah selempang GPW terkecuali untuk leader (pemimpin) GPW yang memiliki pakaian dinas tersendiri dengan atasan warna merah dan bawahan putih.


Jadi sekarang sudah pada tau kan apa saja pakaian dinas praja IPDN? Jadi buat kalian yang ingin masuk IPDN admin doakan lulus dan segera mengenakan pakaian dinas diatas. Sebelum admin tutup, bagi kalian yang mau bertanya seputaran IPDN langsung saja dikolom komentar ... see you there guys 



Komentar

  1. jika akan dilaksanakan seleksi itu akan diseleksi antar daerah di daerah masing"atau langsung di seleksi di kota" tempat ipdn berada?

    BalasHapus
  2. Asrama nya brp orang dalam 1 kamar min

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ayo gapai IPDN 2024

BARANG PERLENGKAPAN PANTUKHIR