Ayo gapai IPDN 2024

Gambar
Selamat malam teman-teman semua Sumber Gambar: https://www.instagram.com/praja_ipdn_/ Setelah beberapa momen admin libur dari dunia "berbagi informasi" melalui Blog, kini saatnya admin  aktif kembali. Jadi buat teman-teman yang mau menanyakan sesuatu hal atau meminta informasi lebih detail seputar IPDN, boleh langsung ajukan dalam komentar. Admin akan dengan semaksimal dan sedetail mungkin menjawab pertanyaan dari teman-teman semua. Admin hadir untuk membantu teman-teman yang berjuang menggapai IPDN, sekolah Impian Putra-Putri terbaik Bangsa. Dan tentunya Admin sangat berharap untuk teman-teman yang mengajukan pertanyaan, dapat mencantumkan nama asli... see you there Guys 

PANTUKHIR IPDN

 

TES PANTUKHIR IPDN
 
 
 
( yang mau ditanyakan lansung ketikkan dikolom komentar )
 
Setelah melaksanakan dan lolos dari berbagai tahapan test di daerah, kini kalian akan diperhadapkan dengan test terakhir " PANTUKHIR PUSAT ".
sebelumnya abang ucapakan selamat buat kalian yang telah lolos dan berhasil menginjakkan kaki di Lembah Manglayang Institut Pemerintahan Dalam Negeri. sebuah kampus impian bagi putra putri bangsa ini.
 
PANTUKHIR adalah sebutan untuk gabungan test yang terbagi atas                 
  1. Verifikasi Faktual Dokumen Administrasi
  2. Tes Kesehatan Pusat
  3. Tes Kesamaptaan
  4. Wawancara.
marilah kita kupas 

1.  Verifikasi Faktual Dokumen Administrasi



   Verifikasi Faktual Dokumen Administrasi adalah pemeriksaan terhadap keaslian data diri kalian. adapun data-data yang kalian bawa akan diperiksa satu persatu, jadi jangan sampai ada dokumen yang ketinggalan dan tidak sesuai. untuk dokumen apa saja yang kalian harus bawa, jangan lupa klik spcp.ipdn.ac.id dan selalu update manatau ada pemberitahuan baru.

2. Tes Kesehatan Pusat

       Tentunya sudah pada tau kan, test kesehatan IPDN daerah bagaimana ketatnya. nah, Tes kesehatan Pusat akan lebih diperketat lagi, alat alat yang digunakan semakin canggih dan berkualitas. Tentunya hal ini dilakukan untuk mendapatkan data kesehatan yang benar-benar real, tau sendirikan praja haruslah orang-orang yang sehat jasmani dan rohani.

Apa saja yang akan diperiksa pada saat test kesehatan pusat akan abang post di postingan selanjutnya.


3. Tes Kesamaptaan



    Test kesampataan adalah test yang paling banyak ditakuti oleh semua peserta pantukhir. Bagaimana tidak, tes ksamaptaan akan langsung menunjukkan apakah kita layak atau nggak layak diterima sebagai praja. bahkan tidak dari satuan calon praja yang telah mempersiapkan diri untuk menghadapi samapta jauh-jauh hari.

Peserta yang mengikuti tes kesemaptaan merupakan peserta yang telah ditetapkan Lulus Tes Kesehatan. Tes Kesamaptaan ini dilakukan untuk mengukur kemampuan fisik setiap Calon Praja. Kenapa hal ini diperlukan, karena selama menjalani pendidikan di IPDN akan terdapat kegiatan yang membutuhkan fisik yang prima, sehingga hanya calon yang memiliki kemampuan fisik baguslah yang berhak mengikuti pendidikan di IPDN dan nantinya sebagai birokrat pelayan masyarakat yang mampu melayani setiap saat, dalam kondisi apapun.
Tes Kesamaptaan/Jasmani, meliputi :
    Tes Kesamaptaan "A" yaitu :
  •     Lari Keliling Lapangan selama 12 menit. 
    Tes Kesamaptaan "B" yaitu :
  •     Pull— Up (Chining bagi Wanita); 
  •     Sit- Up; 
  •     Push — Up; 
  •     Shutle — Run. 
Pedoman Penilaian memakai T, Score Cooper Tes: 
(A+B)/2=T-Score

Kriteria Hasil Tes
    T. Score Kesamaptaan A + B minimal 41,00 (empat puluh satu koma nol);
    T. Score Kesamaptaan A minimal 38,00 (tiga puluh delapan koma nol);
    T. Score Kesamaptaan B minimal 32,00 (tiga puluh dua koma nol);

Calon dinyatakan memenuhi persyaratan (L) apabila memperoleh nilai Kesamaptaan Total (A+B) minimal 41,00 (empat puluh satu koma nol);
Bila calon memperoleh nilai total 40,00 dinyatakan dipertimbangkan;
Calon dinyatakan tidak memenuhi syarat apabila: 
  • Nilai Total Kesamaptaan kurang dari 40,00; 
  • Nilai Kesamaptaan "A" kurang dari 38,00; 
  • Nilai Kesamaptaan "B" kurang dari 32,00 untuk tiap item.
untuk melihat bagaimana samapta yang benar silahkan klik link dibawah
https://www.youtube.com/watch?v=tWIkwz_u2ZU





4.Wawancara

    Tes wawancara adalah tes terakhir yang akan kalian hadapi. tes wawancara sendiri dilakukan untuk menguji kecakapan berbicara atau menyampaikan informasi. tes wawancara IPDN sendiri akan dilakukan oleh pejabat tinggi Negara baik Kementerian maupun KPK serta pejabat dari IPDN.
Test wawancara yang akan kalian hadapi akan mempertanyakan hal-hal yang berkaitan dengan motivasi, kenegaraan maupun diri kalian sendiri. Dan hal yang kalian  perlu ketahui selanjutnya adalah bahwa pertanyaan yang diajukan akan berbeda untuk setiap orang.

disini abang akan membagikan hal- hal yang perlu kalian persiapkan untuk menghadapi tes wawancara :

banyak latihan berbicara didepan kaca.
 
     hal ini kalian perlu lakukan untuk melatih gesture dan mimic kalian didepan pewawancara. karna bagaimana sikap kalian ketika berbicara akan menunjukkan bagaimana kesiapan kalian untuk menghadapi tes ini.
    perhatikan penampilan kalian
IPDN adalah sekolah yang sangat peduli terhadap penampilan. jadi sebelum namamu dipanggil untuk memulai wawancara, pastikan kerapian pakaian yang sedang kamu kenakan.
                                       Awali dan akhiri wawancara dengan sopan
    untuk mengawali wawancara, jangan lupa untuk memberikan hormat atau ppm. Kemudian duduklah pada kursi yang telah disediakan apabila pewawancara telah memberikan sinyal, jadi jangan sampai kamu duduk sebelum diizinkan oleh pewawancara.

                                            akhiri dengan ucapan terimakasih
Hal yang terakhir yang harus di lakukan setelah anda selesai wawancara kerja adalah mengucapkan terima kasih serta hormat sebelum berjabat tangan dengan interviewer serta memberikan senyuman yang ramah. Hal itu dilakukan untuk memberi kesan sopan dan menghargai orang lain, sehingga dapat membuat pewawancara terkesan dengan anda. akhir kata abang ucapakan terimakasih dan sukses selalu buat kalian semua.

 

jangan lupa untuk mengikuti akun instagram  https://www.instagram.com/praja_ipdn_/



 nah, demikian sedikit dari pengalaman abang ketika melaksanakan pantukhir di IPDN. mungkin  masih banyak lagi yang ingin kalian ketahui, jadi jangan bosan-bosan untuk berkunjung ke lolosipdn.blogspot.com
 
selaku umat manusia admin pasti ada kesalahan maupun kekurangan, oleh sebab itu admin sangat mengharapkan saran dan masukan dari pembaca semua di kolom komentar. apa aja yang ingin kalian ketahui tentang IPDN langsung di ketikkan saja. Akhir kata admin ucapkan terimakasih dan sukses untuk kita semua. 
 





Komentar

  1. Ijin bertanya. Sistem pantukhir itu perngkingannya nilai kumulatif kan kak? Dari administrasi, kesehatan, kesemaptaan, dan wawancara?

    BalasHapus
  2. Benar dk. Jadi keluarkan kemampuan maksimal

    BalasHapus
  3. Berarti kalo semisal kesehatan saya kurang, bisa ditutup dengan tes kesamaptaan/wawancara kan ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kesehatan kita kurang dalam artian bukan cacat dan kelainan ya dk.

      Hapus
  4. Oke siap. Terimakasih kak 🙏

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ayo gapai IPDN 2024

BARANG PERLENGKAPAN PANTUKHIR

PAKAIAN DINAS IPDN