Ayo gapai IPDN 2024

Gambar
Selamat malam teman-teman semua Sumber Gambar: https://www.instagram.com/praja_ipdn_/ Setelah beberapa momen admin libur dari dunia "berbagi informasi" melalui Blog, kini saatnya admin  aktif kembali. Jadi buat teman-teman yang mau menanyakan sesuatu hal atau meminta informasi lebih detail seputar IPDN, boleh langsung ajukan dalam komentar. Admin akan dengan semaksimal dan sedetail mungkin menjawab pertanyaan dari teman-teman semua. Admin hadir untuk membantu teman-teman yang berjuang menggapai IPDN, sekolah Impian Putra-Putri terbaik Bangsa. Dan tentunya Admin sangat berharap untuk teman-teman yang mengajukan pertanyaan, dapat mencantumkan nama asli... see you there Guys 

CARA MEMBENTUK TUBUH IDEAL VERSI ANAK IPDN

CARA MEMBENTUK TUBUH IDEAL VERSI ANAK IPDN






Memiliki badan yang ideal adalah impian semua insan didunia termasuk admin secara pibadi. Banyak yang bilang tubuh yang ideal meningkatkan kepercayaan diri dan keberanian untuk keluar rumah menikmati indahnya dunia.
Tubuh yang ideal sendiri menurut admin adalah tubuh yang proporsional antara berat badan dan tinggi badannya. Body Mass Index (BMI) atau penyebutan dalam bahasa Indonesseia Indeks Masa Tubuh (IMT) adalah cara mudah menghitung berat badan ideal berdasarkan berat badan dan tinggi badan. Untuk penghitungannya, berat badan harus dalam satuan kilogram dan tinggi badan dalam satuan meter kuadrat.
Misalnya, kamu memiliki berat badan 70 kilogram dan tinggi 160 cm (1,60 meter). Kalikan tinggi badan dalam kuadrat: 1,60 x 1,60 = 2,56. Lalu, bagi angka berat badan dengan hasil kuadrat tinggi badan: 70/2,56 = 23,4. BMI 23,4 jika dilihat berdasarkan standar WHO, kamu termasuk normal.
lebih jelas admin berikan gambarnya


setelah kamu check, termasuk ideal nggak ? kalau yang sudah admin ucapkan selamat dan semoga kamu sukses sampai akhir zaman. kalau yang belum, nggak perlu bersedih, admin akan berbagi bagaimana membentuk tubuh ideal layaknya anak IPDN.
IPDN adalah sekolah kedinasan yang berada dibawah naungan kementerian Dalam Negeri. Sekolah yang mencetak kader-kader pemimpin masa depan yang siap sedia ditempatkan dimana saja. oleh karena tujuan tersebut, IPDN tidak main-main dalam memberikan pembinaan mental, fisik maupun pengetahuan.
Kembali ke topic. banyak yang bertanya kenapa badan anak IPDN badannya kok ideal semua ya ? Kok Cowoknya gak ada yang gendut sih ? dan masih banyak pertanyaan lain. baiklah mari kita bahas !
Ksatrian IPDN menerapkan system JARLATSUH, yakni pengajaran, pelatihan serta pengasuhan. artinya IPDN nggak hanya focus pada pengetahuan saja, namun juga fisik. siklus kehidupan yang sudah teratur menuntut semua praja anti yang namanya malas-malasan. Tubuh yang ideal sang praja dibentuk mulai dari subuh.
1. Melaksanakan aerobic pagi

Tepat pada jam 04.00 WIB, semua praja harus sudah bangun dari tidurnya. Kemudian semua satuan praja terlebih dahulu melaksanakan ibadah pagi.  Setelah pelaksanaan ibadah, satuan praja akan langsung diarahkan ketempat aerobic pagi masing masing. Pemasan, Lari, Peregangan, Push Up, Sit up menjadi bagian penting dalam aerobic.


2. RAJIN MANDI DAN BERENANG

Tidak sedikit manusia didunia ini yang alergi mandi di pagi hari. dingin, tak ada waktu, malas kena air menjadi berbagai macam alasan untuk menghindari kegiatan yang menyenangkan ini.
banyak yang berkata, tidak perlu mandi yang penting harum, sebuah perspepsi yang meningkatkan pendapatan para penjual parfum.
Beda halnya dengan praja IPDN. putra putri terbaik bangsa ini adalah manusia-manusia yang mampu mengalahkan dinginnya Jatinangor dan mematahkan kekuatan dari roh pemalas. setiap harinya, semua praja melaksanakan mandi minimal 2 kali sehari. pagi dan malam hari.

Selain disediakan kamar mandi, di IPDN juga ada kolam renang gratis khusus buat praja. Sebuah tempat ideal untuk menenggelamkan semua lelah dan letih setelah melaksankan Jarlatsuh. masih ingat jarlatsuh kan ?
 Manfaat berenang bagi pria







  1. Berenang dapat membantu membentuk otot kita, khususnya untuk pria bisa terlihat lebih sixpack dan sehat tentunya
  2. Agar perut tidak terlihat buncit
  3. Melatih otot agar menjadi lebih kuat
  4. Menjaga tubuh agar terus segar bugar
  5. Agar bisa menjaga keluarganya jika hal yang tidak diinginkan terjadi, contohnya anak atau istrinya tenggelam
  • Manfaat berenang bagi wanita,
  1. Beranang sangat bermanfaat ketika sedang melakukan diet, karena apabila kita berenang sama halnya dengan kita membakar banyak kalori dalam tubuh bahkan kalori yang dibakar bisa sampai 24%. Selain itu dengan berenang rasa lelahnyapun tidak akan selelah olah raga melangsingkan tubuh yang berat.
  2. Membantu membentuk tubuh yang cantik dan tinggi
  3. Bisa membuat warna kulit menjadi lebih gelap kecoklatan dan seksi
  4. Membantu mengencangkan otot perut dada paha dan lengan
  5. Membuat tubuh menjadi tinggi semampai sesuai dengan yang kebanyakan wanita inginkan

3. MAKAN TEPAT WAKTU


Tak dapat dipungkiri lagi mengenai kedisiplinan anak IPDN. setelah menggunakan pakaian dinas yang ditentukan, semua praja akan bergegas melaksanakan upacara makan pagi di Gedung nusantara Menza. Makan pagi ini dilaksanakan secara rutin dan tidak boleh terlambat. Begitu juga dengan makan siang maupun makan malam. semuanya dilaksanakn secara teratur dan anti yang namanya terlambat. Secara biologi, kegiatan makan yang dilakukan secara teratur akan membuat proses pengolahan makanan dalam tubuh berjalan dengan baik.
  1. Terhindar dari Sakit Maag
Penyebab penyakit maag paling utama adalah makan tidak tepat waktu atau teratur. Melewatkan waktu sarapan, telat makan siang atau makan sampai waktu perut lapar yang dibiasakan bisa memicu sakit maag. Mukosa yakni selaput lendir yang melapisi lambung akan robek karena asam lambung sehingga pola makan yang baik sangat berhubungan dengan produksi asam lambung tersebut. Jika makan tidak teratur, maka akan membuat lambung sulit beradaptasi dan akhirnya timbul rasa perih serta mual. Makan tepat waktu menjadi solusi maag terbaik yang bisa dilakukan dan sebenarnya juga sangat mudah asalkan dijadikan kebiasaan.
  1. Mencegah Sakit Jantung
Selain pola makan yang tidak sehat, makan tidak tepat waktu dan tidak teratur juga bisa memicu penyakit jantung. Jika makan tidak teratur dijadikan kebiasaan, maka semakin lama bisa merusak kondisi jantung. Sedangkan dengan makan tepat waktu, maka tidak hanya kesehatan jantung yang terjaga dengan baik, namun juga menghindari tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi.
  1. Memberikan Energi untuk Beraktivitas
Banyak orang yang tidak berenergi ketika sedang beraktivitas dan salah satu penyebabnya adalah karena makan tidak teratur dan tepat waktu. Apabila selalu menjalani pola makan yang teratur, maka bisa dijadikan sumber energi dan stamina tanpa perlu mengkonsumsi minuman berenergi dan terhindari dari cepat lelah dan lesu karena tidak mendapatkan energi yang cukup dari makanan.
  1. Mencegah Obesitas
Ketika seseorang makan tidak tepat waktu, maka bisa memicu obesitas sebab biasanya orang cenderung makan lebih banyak dan tidak terkontrol seperti mengkonsumsi cemilan ketika menonton TV atau bermain game. Pola makan yang seperti ini akan menghasilkan lebih banyak kalori sehingga bisa menyebabkan berat badan naik secara drastis. Obesitas sendiri nantinya bisa mengancam kesehatan seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, asam urat, kanker, gangguan kesuburan pada pria dan wanita serta penyakit lainnya. Untuk itulah, makan tepat waktu wajib dilakukan agar bisa terhindar dari obesitas.
  1. Mencegah Resistensi Insulin dan Diabetes Melitus Tipe 2
Makan tidak tepat waktu nantinya akan memicu intoleransi glukosa dan resistensi hormon insulin yang berujung pada diabetes melitus tipe 2. Kondisi insulin resisten sangat berhubungan dengan timbunan lemak pada perut. Makan tepat waktu juga sangat penting untuk mencegah peradangan mikro dalam tubuh yang terjadi secara menyeluruh dan terus menerus sekaligus menurunkan risiko stres yang berujung pada resistensi fungsi insulin penyebab diabetes.


4. MAKAN MAKANAN SEHAT DAN SECUKUPNYA

kembali membahas tentang makan, selain makan dengan waktu yang tepat, semua praja juga memakan sehat dan tidak berlebihan. Didalam ruang makan IPDN disediakan 1 meja untuk 6 orang, dengan takaran nasi yang telah disesuaikan dengan kegiatan praja dalam satu hari berjalan.


5. BEROLAHRAGA SECARA MANDIRI

selain kegiatan yang sudah ditentukan oleh lembaga, semua praja IPDN diberikan waktu mandiri sekitar 2 sampai 3 jam. Bukan untuk bermalas-malasan. seluruh satuan praja biasanya akan menggunakan waktu tersebut untuk membina fisik secara mandiri. ada yang di stadion, lapangan parade, maupun olahraga diwisma ataupun asrama.  kegiatan yang dilaksakanpun beraneka ragam, bermain bola, basket, renang dan masih banyak lagi.




 nah, demikian sedikit dari pengalaman admin selama menempuh pendidikan di IPDN. mungkin  masih banyak lagi yang ingin kalian ketahui, jadi jangan bosan-bosan untuk berkunjung ke lolosipdn.blogspot.com

selaku umat manusia admin pasti ada kesalahan maupun kekurangan, oleh sebab itu admin sangat mengharapkan saran dan masukan dari pembaca semua di kolom komentar. apa aja yang ingin kalian ketahui tentang IPDN langsung di ketikkan saja. Akhir kata admin ucapkan terimakasih dan sukses untuk kita semua. 







Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ayo gapai IPDN 2024

BARANG PERLENGKAPAN PANTUKHIR

PAKAIAN DINAS IPDN