Ayo gapai IPDN 2024

Gambar
Selamat malam teman-teman semua Sumber Gambar: https://www.instagram.com/praja_ipdn_/ Setelah beberapa momen admin libur dari dunia "berbagi informasi" melalui Blog, kini saatnya admin  aktif kembali. Jadi buat teman-teman yang mau menanyakan sesuatu hal atau meminta informasi lebih detail seputar IPDN, boleh langsung ajukan dalam komentar. Admin akan dengan semaksimal dan sedetail mungkin menjawab pertanyaan dari teman-teman semua. Admin hadir untuk membantu teman-teman yang berjuang menggapai IPDN, sekolah Impian Putra-Putri terbaik Bangsa. Dan tentunya Admin sangat berharap untuk teman-teman yang mengajukan pertanyaan, dapat mencantumkan nama asli... see you there Guys 

PELANTIKAN PAMONG PRAJA MUDA


PELANTIKAN PAMONG PRAJA MUDA



Kita semua tentunya tahu, bahwa yang diinginkan oleh semua orang ketika mengikuti pendidikan dimanapun adalah masa depan yang cerah. Masa depan yang bisa membantu orang lain dan membanggakan orangtua dan keluarga tercinta.

Namun apapun yang menjadi impian dan cita-cita kita setelah menyelesaikan pendidikan , tentunya kita harus berdiri pada garis akhir pendidikan dan melangkah melaluinya. Hal ini ditandai dengan kita telah menerima bukti hasil penyelesaian pendidikan atau yang sering kita sebut ijazah.

Berdasarkan Wikipedia Indonesia bahwa Ijazah (Arabالإِجازَة ‎) adalah sebuah sertifikat atau dokumen yang diberikan oleh suatu intansi sebagai dokumen resmi tentang orang, santri, siswa atau mahasiswa. Ijazah biasanya diperoleh sesudah tamat belajar oleh sekolah atau universitas baik di dalam negeri atau mahasiswa luar negeri kepada siswanya atau mahasiswanya[1]. Dalam Islam ijazah digunakan terutama oleh Muslim Sunni untuk menunjukkan bahwa satu telah disahkan oleh otoritas yang lebih tinggi untuk mengirimkan topik tertentu atau teks dari pengetahuan Islam. Hal ini biasanya berarti bahwa siswa telah belajar pengetahuan ini melalui tatap muka interaksi "di kaki" dari guru.

Nah, sekarang muncul pertanyaan, “ apakah disekolah kedinasan seperti IPDN ada yang namanya ijazah “. Jawabannya adalah Ada. Karna meskipun Pemerintah melalui IPDN telah menerapkan bahwa setelah lulus langsung memperoleh pekerjaan sebagai ASN, seorang praja juga harus mempunya bukti akademis. Karna setelah lulus dari IPDN tidak ada kemungkinan bagi seorang purna praja melanjut pendidikan pendidikan yang lebih tinggi di Universitas dalam maupun luar negeri lain.
Lalu apa  yang menjadi perbedaan antara proses penyelesaian pendidikan di IPDN dengan sekolah tinggi lain? Mari kita bahas bersama.



Setelah di wisuda di IPDN, esok harinya akan dilaksanakan pelantikan Pamong Praja Muda atau yang sering kita sebut sebagai PPM. Paming praja Muda adalah sebutan Khusus bagi purna IPDN yang akan segera dilantik. PPM adalah sebuah upacara besar dan kegiatan akbar yang paling sacral di IPDN. PPM adalah upacara pelantikan seorang calon pemimpin masa depan yang langsung di pimpin oleh seorang RI 1 yaitu bapak Presiden. PPM dilaksakan dilapangan Parade didepan Balairung Rudini IPDN.


Kegiatan juga sebagai salah satu penyebab kemacetan panjang dikecamatan Jatinangor, dikarenakan banyaknya tamu negara maupun keluarga yang dating untuk menyaksikan upacara akbar ini. Kegiatan PPM akan dilaksanakan dengan melibatkan seluruh satuan praja mulai dari tingkat satu sampai tingkat empat.

Tingkat satu sebagai satuan muda praja biasanya akan menjadi Jarko maupun sebagai pengisi acara Tarian colossal atau tarian nusantara yang akan tampil menjelang kedatangan bapak presiden. Untuk tingkat dua atau satuan madya praja akan bertindak sebagai Putri dan Putra Nusantara yang akan mengarahkan tamu ke posisi yang telah ditentukan. Satuan madya praja juga akan menjadi bagian dari tarian kolosal apabila satuan muda Praja memiliki kegiatan pengisi acara lain.

Sedangkan untuk tingkat tiga atau satuan nindya praja akan menampilkan atraksi Drum Corps yang akan mengiringi pasukan memasuki lapangan parade, defile keliling lapangan serta korsik pada saat upacara. Satuan nindya praja juga akan bertindak sebagai Pasukan Tanda Kehormatan yang akan membawa Bendera tanda kehormatan IPDN memasuki lapangan Parade.



Jadi, tidak salah apabila PPM disebut sebagai upacara paling besar di IPDN selain karna dipimpin langsung oleh kepala negara, kegiatan ini juga melibatkan seluruh satuan praja didalamnya.

Demikian informasi yang admin bisa bagikan mengenai PPM.
 Apabila yang sedang membaca memiliki saran akan artikel yang ingin admin post langsung saja isi kolom komentar.
Akhir kata admin ucapkan Terimakasih

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ayo gapai IPDN 2024

BARANG PERLENGKAPAN PANTUKHIR

PAKAIAN DINAS IPDN